Press "Enter" to skip to content

Pemkab Morotai Wujudkan Sistem Informasi E-Data

Telah Dibaca : 7498 Kali

MOROTAI, DETEKSINEW.com – Meski baru berusia satu tahun, namun kepemimpinan Bupati Pulau Morotai, Benny Laos dan Wakil Bupati, Asrun Padoma, sudah mengukir berbagai prestasi. Salah satunya adalah terwujudnya sistem informasi data base pembangunan Pulau Morotai secara online atau e-data.

Kepala Bapeda Pulau Morotai, DR. Ir. Abjan Sofyan, MT, mengatakan, dalam mewujudkan sistem informasi data base pembangunan Pulau Morotai secara online, pihaknya bekerja sama dengan Pusat Pengembangan Sistem Informasi dan Manajemen Pembangunan (Pusbangsim) dalam pembuatan aplikasi e-data secara online. Tujuannya agar kedepan, data base Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai dapat diakses dan sebagai bank data monitoring centre.

“Hal ini kami lakukan sebagai bentuk melaksanakan keinginan bupati dan wakil bupati, agar akses data dapat diperoleh dengan mudah dan akurat. Tujuan satu data pembangunan, untuk bisa merancang dan merencanakan pembangunan yang lebih akurat, terukur datanya, juga indikatornya,” ungkap Abjan, Jumat (25/5/2018).

Mantan Sekda Halbar ini menambahkan, saat ini Bappeda akan terus mengembangkan aplikasi e-goverment agar bisa meningkatkan kinerja SKPD dengan memanfaatkan aplikasi berbasis teknologi. Sehingga ASN ke depan bisa lebih efektif dan efisien dalam implementasinya.

“Pembuatan e-data ini adalah hasil kerja sama dengan Pusbangsim Jakarta. Kami di Pulau Morotai kemudian membangun sistem informasi data basenya. Ini merupakan terobosan baru, karena selama ini data-data pembangunan Pemda Pulau Morotai masih dalam bentuk manual. Namun saat ini sudah kita masukan ke dalam sistem informasi data base pembangunan online atau e-data,” jelasnya

Dengan e-data, masing-masing SKPD dapat mengidentifikasi data dari desa binaan, kemudian hasilnya akan dimasukkan ke data base pembangunan yang di entri oleh masing-masing SKPD, sehingga hasilnya dapat diakses oleh seluruh masyarakat Pulau Morotai.

Keuntungan dari e-data kata Abjan, akan membuat data semakin akurat, cepat diakses, tidak ada lagi sekat-sekat sektoral dalam hal data. Contoh ketika satu instansi minta data di salah satu dinas di Morotai, mereka tidak harus lapor lagi seperti sebelumnya, tetapi saat ini sudah bisa akses kapan saja.

”Bahkan investor yang mau berinvestasi di Pulau Morotai, ketika perlu data, tidak perlu lagi datang ke Morotai, karena di negaranya pun, mereka bisa mendapatkan akses data ini,” paparnya.

Dia berharap, dengan adanya sistem data base ini, investasi di Morotai semakin banyak. Dengan begitu, peningkatan kesejahteraan masyarakat semakin tepat sasaran, karena datanya valid, singkat, cepat, tepat dan akurat. (ota)

Selengkapnya Pemkab Morotai Wujudkan Sistem Informasi E-Data

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sponsor By :

Muhammad Ullil Fahri,S.Pd.M.TI

www.mfahri.web.id