Press "Enter" to skip to content

‘Festival Pesona Paroso 2018 Sudah Dimulai

Telah Dibaca : 5720 Kali

KabarNTB, Sumbawa – Bagi anda pecinta seni dan budaya tradisional Tana Samawa, Festival Pesona Paroso bisa menjadi pilihan.

Festival yang dilaksanakan di Kecamatan Moyo Hilir (wilayah Paroso) Kabupaten Sumbawa itu telah mulai digelar sejak Senin 5 Nopember lalu.

Sejumlah atraksi seni dan budaya ditampilkan dalam festival yang baru pertama kali digelar itu.

Seni dan budaya yang ditampilkan itu anatara lain Pawai Budaya, Lomba Kasidah Rebana Klasik dan Sakeco, Pementasan Aneka Seni Budaya, Pameran UMKM, Fashion Show Busana Etnik Samawa dan Barapan Kebo (karapan kerbau) yang di ikuti oleh seluruh perwakilan desa yang ada di kecamatan Moyo hilir.

“Festival Pesona Paroso yang mengangkat tema Galesa Saneja Diri’ ini bertujuan untuk menghidupkan dan melestarikan nilai-nilai budaya luhur yang merupakan warisan leluhur Tau Samawa,” ucap Camat Moyo Hilir M Lutfi Makki.

Sementara Sekda Sumbawa, H Rasyidi mengatakan dengan berbagai potensi seni dan budaya daerah yang ada, Sumbawa dapat berdiri sejajar dengan daerah lain dalam hal berkesenian dan berbudaya.

“Kultur budaya tau samawa sangatlah beradab, begitu kental dengan nilai-nilai keislaman, yaitu adat barenti ko syara’, syara’ barenti ko kitabullah” dan memiliki falsafah “taket ko nene, kangila boat lenge”. Nilai-nilai luhur yang tersirat di dalam falsafah tersebut seharusnya dapat menjadi pedoman dalam tatanan kehidupan sosial masyarakat Sumbawa,” ujar Sekda saat membuka festival tersebut.(JK)

Selengkapnya ‘Festival Pesona Paroso 2018 Sudah Dimulai

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *