Press "Enter" to skip to content

Sidang Perdana PT IJS Gugat Bupati Mimika Digelar Hari Ini

Telah Dibaca : 8287 Kali
Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Mimika Inocentius Yoga Pribadi.(Foto-Ant)

SAPA (TIMIKA) – Sidang perdana gugatan PT IJS melawan Bupati Mimika Eltinus Omaleng akan digelar di PTUN Jayapura pada hari ini, Kamis (8/11).

Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Mimika Inocentius Yoga Pribadi di Timika, Rabu (7/11), mengatakan PT IJS menggugat Bupati Mimika Eltinus Omaleng ke PTUN Jayapura karena tidak lagi memperpanjang rekomendasi penjualan minuman beralkohol sejak Juni lalu.

Yoga mengatakan  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika siap menghadapi gugatan PT Irian Jaya Sehat (IJS), perusahaan pemegang Izin Usaha Perdagangan Minuman Beralkohol (IUP-MB).

“Pada prinsipnya pemerintah daerah siap menghadapi gugatan itu. Apapun nanti yang akan diputuskan oleh PTUN Jayapura, selaku instansi teknis yang mengurusi perdagangan, kami siap untuk menindaklanjutinya,” kata Yoga, Rabu (7/11).

Menurut dia, Kepala Disperindag Mimika Bernadinus Songbes bersedia dihadirkan dalam persidangan gugatan PT IJS jika diminta menjadi saksi.

Yoga menerangkan sejak beberapa tahun lalu Pemkab Mimika menerbitkan IUP-MB kepada tiga perusahaan untuk memasukan minuman beralkohol jenis A, B dan C ke Kabupaten Mimika.

Ketiga perusahaan itu yakni PT Pangansari Utama (PSU) yang khusus memasukan minuman beralkohol di lingkungan PT Freeport Indonesia, PT Irian Jaya Sehat (IJS) dan PT Bram Bersaudara.

Pada Juni lalu, Bupati Mimika Eltinus Omaleng tidak lagi memperpanjang rekomendasi kepada PT IJS untuk memasukan minuman beralkohol ke Mimika, padahal perusahaan itu diketahui selalu taat dan tepat waktu membayar retribusi.

Yoga mengatakan selama beberapa tahun terakhir, Pemkab Mimika menerima pemasukan Rp 4 miliar dari retribusi minuman beralkohol.

Pascadicabutnya rekomendasi Bupati Mimika kepada PT IJS untuk tidak lagi memasukan minuman beralkohol ke Mimika, Satuan Polisi Pamong Praja Pemkab Mimika melakukan razia ke setiap bar, rumah bernyanyi dan kios-kios yang menjual minuman beralkohol yang disalurkan PT IJS.

Suwandy Gosal selaku pemilik PT IJS mengaku tidak mengetahui asalan di balik dicabutnya rekomendasi Bupati Mimika kepada perusahaannya untuk memasukan minuman beralkohol ke Mimika.

“Kami sudah tiga kali mengalami masalah seperti ini. Pertama tahun 2000, lalu tahun 2015 dan sekarang tahun 2018. Semua dokumen perizinan kami lengkap. Kami juga selalu tepat waktu membayar retribusi. Setiap bulan kami bayar Rp 125 juta ke Pemda Mimika,” kata Suwandy.

Sejumlah anggota DPRD Mimika dan tokoh masyarakat mempertanyakan pencabutan ijin PT IJS. Bupati Mimika dinilai memihak kepada perusahaan tertentu serta ingin menerapkan monopoli penjualan minuman beralkohol di Mimika.

Dasar hukum yang digunakan Bupati Mimika untuk mencabut ijin PT IJS juga dinilai janggal.

“Dasar hukum itu mestinya berlaku untuk semua pemasok dan penjual minuman beralkohol di Mimika. Jadi mestinya kalau dasar hukum itu dipakai, maka semua perusahaan yang menjual minuman beralkohol di Mimika harus dicabut ijinnya dan ditutup. Tidak bisa dasar hukum itu diberlakukan ke satu perusahaan saja, sementara perusahaan lain tidak. Ini tidak benar dan tidak adil,” kata Tokoh Masyarakat Kamoro Marianus Maknaipeku beberapa waktu lalu.
Kalangan DPRD Mimika tercatat pernah dua kali menerbitkan Peraturan Daerah tentang larangan memasukan, memperdagangkan dan mengonsumsi minuman beralkohol di Kabupaten Mimika yaitu Perda Nomor 5 Tahun 2007 dan Perda Nomor 8 Tahun 2013.

Namun nasib kedua Perda tersebut berakhir di Kementerian Dalam Negeri lantaran dinilai bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi.

Pembentukan Perda larangan memasukan, memperdagangkan dan mengonsumsi minuman beralkohol di Kabupaten Mimika didasari kenyataan bahwa konsumsi minuman beralkohol memicu terjadi banyaknya angka kriminalitas, kekerasan dalam rumah tangga, angka kecelakaan lalu lintas dan berbagai persoalan sosial lainnya. (Ant)

Selengkapnya Sidang Perdana PT IJS Gugat Bupati Mimika Digelar Hari Ini

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *