Press "Enter" to skip to content

Pantau Pilkades, Bupati Minta Warga Jaga Kebersamaan

Telah Dibaca : 5231 Kali

JAILOLO, DETEKSINEWS.com – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 71 Desa resmi di wilayah Halmahera Barat resmo dihelat Rabu (7/11). Bupati Danny Missy bersama Sekda Syahril Abdurajak, unsur Forkompimda, serta Pimpinan SKPD dan camat, melakukan pemantauan secara langsung pelaksanaan Pilkades di tiga Kecamatan yakni Kecamatan Jailolo, Sahu dan Sahu Timur.

Saat dikonfirmasi ditengah kegiatan memantau pelaksanaan Pilkades, Bupati mengaku, pelaksanaan Pilkades berjalan lancar aman dan tertib. Bupati juga tidak tidak lupa mengingatkan masing-masing simpatisan, agar setelah pencoblosan harus kembali akur dan tidak saling menaruh dendam politik.

“Beda pilihan itu biasa, namun kebersamaan dan saling rangkul untuk membangun desa harus diutamakan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, pilkades serentak yang dilaksanakan merupakan demokrasi tingkat desa, sehingga dari desa bisa belajar tentang demokrasi damai.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPM-PD) Asnath Sowo menjelaskan, ketentuan Pilkades, warga yang punya hak memberikan hak suara adalah warga yang terdaftat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), sehingga warga yang tidak masuk dalam DPT tidak bisa menyalurkan hak suaranya.

“Memang ada benerapa masalah dalam DPT dan sudah diselesaikan. Sehingga masalah ini menjadi bahan evaluasi pada pilkades tahap III di tahun 2020 mendatang,” jelasnya.

Pilkades serentak diikuti 71 Cakades. Dimana 30 diantaranya mendaftar dengan menggunakan ijzasah sarjana (S1), dan sisanya ada yang menggunakan ijazah SMP maupun SMA. (lan)

Selengkapnya Pantau Pilkades, Bupati Minta Warga Jaga Kebersamaan

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IT CONSULTAN

www.mfahri.web.id

Visit Now