Press "Enter" to skip to content

Hadiah HUT OD, Sulut Raih Dua Penghargaan Ketenagakerjaan dalam INTEGRA 2018, Begini Kata Menteri Hanif

Telah Dibaca : 7421 Kali
Menteri Ketenagakerjaan RI M Hanif Dhakiri

Menteri Ketenagakerjaan RI M Hanif Dhakiri menyerahkan penghargaan INTEGRA 2018 kepada Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE yang diterima Kadis Nakertrans Sulut Ir Ernie Tumundo MSi di Ruang Tridharma Kemnaker Jakarta, Senin (19/11/2018)

 

JAKARTA, MediaManado.com – Menteri Ketenagakerjaan RI M Hanif Dhakiri menyerahkan secara langsung dua penghargaan kepada Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE yang diterima Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulut Ir Ernie Tumundo MSi mewakili Gubernur  dalam acara Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan 2018 (INTEGRA 2018) di Ruang Tridharma Kemnaker Jakarta, Senin (19/11/2018).

“Dua penghargaan itu adalah Pemenang atas kategori Akselerasi Indeks Terbaik  dan Terbaik Ketiga pada kategori Provinsi Dengan Urusan Ketenagakerjaan Kecil. Pemberikan penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi kepada pemerintah daerah yang berprestasi dalam pencapaian pembangunan ketenagakerjaan di Provinsi Sulut,” tandas Kadis Nakertrans Ernie Tumundo, Senin (19/11/2018) via WhatsApp.

“Ini juga merupakan Hadiah Ulang Tahun ke 57 untuk Bapak Gubernur Olly Dondokambey SE yang memiliki perhatian dan kepedulian yang besar bagi pembangunan Sumber Daya Manusia di sektor ketenagakerjaan di daerah melalui program ODSK. Dan untuk kategori penghargaan Akselerasi Indeks Terbaik, Sulut keluar sebagai pemenang satu satunya dari sejumlah provinsi yang dinilai,” jelas Tumundo.

Selain itu, pembangunan ketenagakerjaan selama 2 tahun terakhir di Sulawesi Utara menunjukan kemajuan yang cukup baik. Dimana Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) dapat diatasi, tingkat pengangguran menurun, serta tingkat pekerja yang bekerja di sektor formal meningkat.

“Ini menunjukkan kepedulian Pemerintah Provinsi melalui program ODSK sangat menyentuh kehidupan masyarakat kita,” ucap Kadis Tumundo.

Diketahui, ada 19 kategori penghargaan yang diserahkan Kementerian Ketenagakerjaan kepada 13 pemerintah daerah. Sementara
INTEGRA 2018 merupakan ajang penghargaan kepada daerah-daerah di Indonesia yang berhasil meraih nilai tertinggi, dengan mengukur 9 Indikator Utama dan 22 Sub Indikator Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan.

“Penganugerahan ini merupakan salah satu bentuk apresiasi pemerintah (pusat) kepada gubernur, bupati, dan walikota yang memiliki prestasi di bidang ketenagakerjaan,” kata Menteri Hanif dalam sambutannya.

Serba serbi pengambilan foto pada penganugerahan INTEGRA 2018

Serba serbi pengambilan foto pada penganugerahan INTEGRA 2018

 

Kepada para kepala daerah, Menteri Hanif mengingatkan bahwa Indonesia tengah menghadapi tantangan besar dalam bidang ketenagakerjaan. “Salah satunya, era desrupsi ekonomi yang dipengaruhi perkembangan teknologi yang cepat dan masif,” kata Menteri Hanif.

Dia pun meminta kepada pemerintah daerah untuk memberikan perhatian lebih pada isu ketenagakerjaan, terutama penguatan akses pegembangan SDM. Apalagi saat ini angkatan kerja Indonesia masih didominasi lulusan SD-SMP hingga 58 persen.

Oleh karenanya, kata Hanif, ada 2 hal yang harus menjadi perhatian pemerintah daerah. Yaitu memastikan angkatan kerja memiliki skill yang baik dan memastikan skill-nya cepat berubah.

“Pemerintah-pemerintah di daerah perlu memastikan agar SDM di daerahnya tidak hanya kesempatan untuk memiliki skill, tapi juga kesempatan untuk meningkatkan keterampilan sesuai perkembangan zaman,” pinta Hanif.

Ia juga meminta kepada pemerintah daerah untuk menggandeng sektor swasta melakukan investasi SDM di daerahnya. Dukungan investasi sangat SDM diperlukan untuk membantu percepatan peningkatan kualitas SDM.

Hanif menilai investasi SDM dari sektor swasta di Indonesia masih sangat rendah. Padahal, sektor swasta tersebutlah yang pada akhirnya membutuhkan SDM kompeten. “Oleh karena itu, saya meminta kepada kepala daerah untuk mendorong dunia usaha untuk berpartisipasi berinvestasi SDM,” kata Hanif.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Khairul Anwar mengapresiasi para kepala daerah yang mendapatkan penghargaan dalam acara Penganugerahan Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan 2018 (INTEGRA 2018).

“Ke depan, Indeks Prestasi Ketenagakerjaan diharapkan bisa menjadi barometer untuk pembangunan ketenagakerjaan di Indonesia. Indeks yang disusun oleh Kementerian Ketenagakerjaan ini mengaplikasikan variabel SDGs,” tutur Khairul.

Para Gubernur Pemenang INTEGRA 2018 dari Kementerian Ketenagakerjaan RI

Para Gubernur Pemenang INTEGRA 2018 dari Kementerian Ketenagakerjaan RI, termasuk Gubernur Olly Dondokambey SE yang diwakili Kadis Nakertrans Sulut Ir Ernie Tumundo MSi (dua dari kanan)

 

Adapun hasil lengkap pemerintah daerah yang berhasil meraih INTEGRA 2018 adalah:

A. Indikator Utama Jaminan Sosial Tenaga Kerja Terbaik

Pemenang : DKI Jakarta

B. Indikator Utama Pengupahan dan Kesejahteraan Pekerja Terbaik

Pemenang : Jawa Barat

C. Indikator Utama Kondisi Lingkungan Kerja Terbaik

Pemenang : Jawa Tengah

D. Indikator Utama Hubungan Industrial Terbaik

Pemenang : Sumatera Barat

E. Indikator Utama Produktivitas Tenaga Kerja Terbaik

Pemenang : DKI Jakarta

F. Indikator Utama Pelatihan Dan Kompetensi Kerja Terbaik

Pemenang : Kalimantan Selatan

G. Indikator Utama Kesempatan Kerja Terbaik

Pemenang : DKI Jakarta

H. Indikator Utama Penduduk dan Tenaga Kerja Terbaik

Pemenang : Bali

I. Indikator Utama Perencanaan Tenaga Kerja Terbaik

Pemenang : D.I. Yogyakarta

J. Akselerasi Indeks Terbaik

Pemenang : Sulawesi Utara 

K. Provinsi Dengan Urusan Ketenagakerjaan Kecil

Terbaik Pertama : Sulawesi Tengah

Terbaik Kedua : Kalimantan Utara

Terbaik Ketiga : Sulawesi Utara 

L. Provinsi Dengan Urusan Ketenagakerjaan Sedang

Terbaik Pertama : Kalimantan Timur

Terbaik Kedua : DKI Jakarta

Terbaik Ketiga : D.I. Yogyakarta

M. Provinsi Dengan Urusan ketenagakerjaan Besar

Terbaik Pertama : Sulawesi Selatan

Terbaik kedua : Jawa Timur

Terbaik Ketiga : Jawa Tengah  (ferry/*)

Selengkapnya Hadiah HUT OD, Sulut Raih Dua Penghargaan Ketenagakerjaan dalam INTEGRA 2018, Begini Kata Menteri Hanif

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IT CONSULTAN

www.mfahri.web.id

Visit Now