Press "Enter" to skip to content

SKK Migas – PetroChina Latih Pengrajin Batik Desa Pemusiran

Telah Dibaca : 7874 Kali

Penulis : Willy
Editor : DoRa

INFOJAMBI.COM — SKK Migas – PetroChina International Jabung Ltd kembali menggelar pelatihan membatik. Pelatihan kali ini dilaksanakan di Desa Pemusiran, Kecamatan Nipahpanjang, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Senin (26/11/2018).

Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian PetroChina terhadap masyarakat Tanjabtim. Pelatihan dibuka oleh Ketua Dekranasda Tanjabtim, Hj Wirdayanti Romi.

Tampak hadir Government & Relation Superintendent PetroChina, Saipul, dan staf Community Development (Comdev) lainnya. Juga ada Camat Nipahpanjang, Kamaruddin beserta unsur forkompincam Nipah Panjang.

Pelatihan ini merupakan lanjutan. Pelatihan membatik sebelumnya juga dilaksanakan oleh PetroChina. Sejumlah pengrajin di desa dilatih langsung oleh pebatik profesional yang sengaja didatangkan PetroChina dari Solo.

Selain keterampilan profesional, para penggiat batik di Pemusiran juga diberi bantuan peralatan membatik oleh PetroChina.

Goverment & Relation Superintendent Petrochina, Saipul, manyampaikan, kegiatan ini merupakan suatu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan untuk masyarakat di sekitar lokasi operasi perusahaan.

“Kami selalu mendukung upaya pemerintah meningkatkan pendapatan keluarga. Salah satunya kami memandang program dari Dekranasda Tanjabtim untuk meningkatkan kemampuan membatik masyarakat,” kata Saiful.

Saipul menambahkan, pelatihan membatik diberikan pada masyarakat Pemusiran, karena para pembatik di desa ini mampu menunjukkan perkembangan yang baik.

“Kami memberikan pelatihan tambahan agar bisa meningkatkan kualitas yang pada akhirnya dapat meningkatkan penghasilan masyarakat,” ujar Saipul.

Saipul menyampaikan, sebagai bentuk komitmen PetroChina memajukan batik Tanjung Jabung Timur, pihaknya turut mengkampanyekan di internal perusahaan agar memakai batik Tanjung Jabung Timur pada hari-hari tertentu, dan event-event regional, nasional, maupun internasional.

“Pada saat kami ada pertemuan dengan perusahaan-perusahaan di sektor migas, kami turut mengkampayekan batik Tanjung Jabung Timur. Semoga dengan itu bisa lebih dikenal secara luas, sehingga kita bisa lebih maju,” harap Saipul.

Ketua Dekranasda Tanjung Jabung Timur, Wirdayanti Romi menyambut baik kegiatan pelatihan membatik ini. Dengan adanya pelatihan membatik ini, bisa menambah wawasan pengetahuan bagi masyarakat Tanjabtim, khususnya Desa Pemusiran, untuk lebih memahami teknik-teknik dasar membatik yang benar.

“Harapan kami dengan keterampilan membatik ini dapat menambah penghasilan keluarga, khususnya masyarakat Desa Pemusiran,” sebut Wirdayanti.

Wirdayanti mengucapkan terimakasih kepada PetroChina yang telah memfasilitasi pelatihan membatik. Pengurus Dekranasda Tanjabtim sangat berterimakasih pada PetroChina yang telah bekerja sama melaksanakan pelatihan ini.

“Kami berharap kerjasama ini tetap berlanjut, tidak hanya di sektor batik, tapi juga kerajinan lain yang potensial di Kabupaten Tanjabtim, sehingga kita bisa bersaing dengan daerah-daerah lain,” pungkas isteri Bupati Tanjabtim ini. ***

Selengkapnya SKK Migas – PetroChina Latih Pengrajin Batik Desa Pemusiran

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IT CONSULTAN

www.mfahri.web.id

Visit Now