Press "Enter" to skip to content

Zulkifli Nurdin, Anak Muara Sabak yang Sukses di Ibukota

Telah Dibaca : 9247 Kali

Penulis : Tim Liputan
Editor : DoRa

Zulkifli Nurdin bersama isteri, Ratu Munawarah.

INFOJAMBI.COM — Mantan Gubernur Jambi dua periode, H Zulkifli Nurdin (ZN) meninggal dunia, Rabu (28/11/2018) malam, sekitar pukul 20.05 WIB, di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta.

ZN dilahirkan di Muara Sabak, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi, pada 28 Maret 1948. ZN menjabat Gubernur Jambi pada periode 1999 – 2005, kemudian berlanjut pada periode 2005 – 2010.

Ayah dari Gubernur Jambi non-aktif, Zumi Zola ini merupakan anak tertua dari pasangan H. Nurdin Hamzah dan Hj. Nurhasanah. Ayahnya seorang saudagar kaya dan merupakan salah seorang tokoh terpandang di Provinsi Jambi.

Semasa kecil, suami dari Ratu Munawarah ini sekolah di Sekolah Rakyat (SR) Taman Budaya dan tamat pada tahun 1961. ZN kemudian melanjutkan pendidikan di SMP Negeri 1 Kota Jambi dan di SMA Negeri 2 Kota Jambi.

Tamat SMA tahun 1967, ZN kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI). Pada tahun 1970 ZN mendapat gelar sarjana muda di UI, lalu melanjutkan S1-nya di Universitas Tujuh Belas Agustus, Surabaya, jawa Timur.

Setamat kuliah, ZN mengelola PT Nurdin Hamzah, perusahaan milik ayahnya yang membuka cabang di Jakarta. Kesuksesan ZN mengelola PT Nurdin Hamzah membuatnya namanya menjadi besar.

ZN kemudian menjadi anggota DPR RI. Pada tahun 1999 dia mencalonkan diri menjadi Gubernur Jambi. Jabatan Gubernur jambi dijabat ZN selama dua periode, dari tahun 1999 sampai 2009.

Semasa hidupnya, ZN juga aktif berorganisasi. Dia bergabung dengan APKETI, KADIN dan menjadi Ketua DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Jambi. Selain itu masih banyak organisasi yang diikuti ZN. ***

Selengkapnya Zulkifli Nurdin, Anak Muara Sabak yang Sukses di Ibukota

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IT CONSULTAN

www.mfahri.web.id

Visit Now