Press "Enter" to skip to content

21.626 Blangko KTP Di Musnahkan Di Katingan

Telah Dibaca : 9480 Kali

Katingan – Pemusnahan blanko KTP – EL rusak atau Invalid. Atas dasar surat Edaran Mendagri nomor : 470.13/11176/SJ, tanggal 13 Desember 2018 tentang penata usahaan Blanko KTP EL yg rusak / invalid diwilayah Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah.
Pelaksanaan pemusnahan KTP EL tersebut  dilaksanakan  Senin (17/12/2018) pukul 14.00 Wib, bertempat depan dikantor Dukcapil Kab. Katingan, yang  dihadiri oleh Asisten 1 Kab. Katingan,  Kasat Reskrim Polres Katingan AKP Edia Sutaata, Kasi datun Kejari Katingan, Kadis Pol PP Kab. Katingan.
Adapun jumlah KTP EL yg dimusnahkan sebanyak 21.626 Keping, dengn keterangan telah rusak atau Invalid, cetakan tahun 2012 s/d tahun 2018.
pemusnahan ini mengacu kepada surat edaran Menteri Dalam Negeri melalui Dirjen Dukcapil yang meminta e-KTP yang kondisinya sudah invalid dimusnahkan. Mengingat sudah banyak kejadian di beberapa daerah, KTP invalid digunakan untuk kepentingan yang tidak bertanggung jawab dan melanggar hukum.
Hal senada disampaikan Kapolres Katingan AKBP E. Dharma B. Ginting, S.H., S.I.K., M.H., melalui Kasat Reskrim AKP Edia S. mengatakan ” pemusnahan ini dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan e-KTP. Apalagi tak lama akan berlangsung pemilu, untuk mengantisipasi hal-hal  yang tidak di inginkan yang mengacu pada permasalahan hukum saat pencoblosan pada Pemilu 2019″. 
Kegiatan pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar dihadapan saksi – saksi dan insan pers, kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Pemusnahan Blanko KTP – EL. (vay)

Selengkapnya 21.626 Blangko KTP Di Musnahkan Di Katingan

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Buat Sistem Informsi Mu Sekarang