Press "Enter" to skip to content

APD Tolak Pelantikan Kades Tabadamai

Telah Dibaca : 1961 Kali

JAILOLO, DETEKSINEWS.com – Ribuan masyarakat Desa Tabadamai, Kecamatan Jailolo Selatan, yang tergabung dalam Aliansi Pengawal Demokrasi (APD), menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Bupati Halbar, Senin (14/1). Mereka menuntut Pemkab Halbar agar tidak mengikutsertakan pelantikan Kades Tabadamai, sesuai hasil pilkades beberapa waktu lalu.

Dalam orasinya, koordinator aksi M. Rifai Imam menyatakan, sesuai Perda nomor 2 tahun 2016 tentang Pilkades disebutkan, panitia pilkades tingkat desa harus melakukan pleno hasil perolehan suara. Hasil itu selanjutnya ditindaklanjuti oleh BPD ke Bupati melalui pemerintah kecamatan. Namun pilkades Tabadamai tidak melalui tahapan itu.

“Kami menduga ini sengaja dimainkan oleh panitia pilkades tingkat kabupaten yang sengaja mengesahkan dan mengikutsertakan saudara Rosandi Labanca dalam pelantikan nanti. Bagaimana bisa tahapan pilkades tidak diikuti lalu dilakukan pelantikan. Ini sangat tidak logis,” teriaknya.

Orator lain, Ardi Mahdi mengatakan, pelanggaran yang dilakukan oleh ketua panitia pilkades desa Tabadamai, Sofyan Usman, sudah masuk pada unsur pidana pemalsuan dokumen. Apalagi pansus juga sudah mengeluarkan rekomendasi, menolak hasil pilkades Tabadamai dan rencana pelantikan.

“Namun panitia pilkades kabupaten terkesan memaksakan diri untuk tetap mengikutsertakan pelantikan Rosandi Labanca, berdasarkan berita acara dari Ketua Panitia Pilkades,” tegasnya. (lan)

Selengkapnya APD Tolak Pelantikan Kades Tabadamai

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Buat Sistem Informsi Mu Sekarang