Press "Enter" to skip to content

Lima Proyek PSPAM Malut Jadi Sorotan

Telah Dibaca : 5432 Kali

TERNATE, DETEKSINEWS.com – Lima proyek pembangunan sistem penyediaan air minum ibukota kecamatan (SPAM IKK) yang ditangani Satker Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (PSPAM) Maluku Utara menjadi sorotan. Penyebabnya, proyek-proyek yang tersebar di Pulau Morotai itu dibandrol dengan anggaran besar namun dikerjakan oleh perusahaan-perusahaan kecil.

Proyek-proyek tersebut yakni proyek pengembangan SPAM IKK Kecamatan Morotai Selatan dengan pagu senilai Rp 8 miliar yang dimenangkan CV Alfha Carien, pembangunan jaringan perpipaan di Morotai Jaya dengan pagu senilai Rp 9 miliar yang dimenangkan CV Nanily Sejati, dan pengembangan SPAM IKK di Morotai Utara dengan Rp 3,2 miliar yang dimenangkan CV. Gajahmuda.

Selain itu ada pula proyek pembangunan jaringan perpipaan SPAM IKK di Morotai Timur dengan pagu Rp 10 miliar yang dimenangkan CV Bima Sakti, serta pembangunan IPA paket (Indoor) kapasitas 20 liter/detik IKK Morotai Timur, dengan pagu Rp 8,5 miliar yang masih diperebutkan oleh tiga perusahaan, yakni CV. Telaga Kencana (asal Lamongan, Jawa Timur), CV. Carissa Naufal Jaya (asal Samarinda – Kalimantan Timur) dan CV. X’patriat Muda (asal Pamekasan – Jawa Timur).

“Bagaimana panitia menghitung KD (kemampuan dasar) dari perusahaan-perusahaan ini, sementara setahu kami kontrak tertinggi mereka itu rata-rata di bawah 2,5 miliar. Kecuali kalau lelangnya tidak lagi memakai KD, yah itu kembali ke panitia, apakah panitia masih menggunakan aturan sekarang atau sudah membuat norma baru dalam perpres,” kata salah satu sumber Deteksi News.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua Lembaga Pemantau Proyek Publik (Lepprop) Malut, Tahir N. Ma’ruf. Namun Tahir lebih menyoroti perusahaan pemenang lelang, karena nama-nama tersebut terkesan menjadi pelanggan tetap di proyek PSPAM. Bahkan saat Satker ini masih dipimpin oleh Anggiat Simaremare yang sudah ditangkap KPK, perusahaan-perusahaan tersebut juga sudah sering muncul sebagai pemenang lelang.

Sayangnya, Ketua Pokja PSPAM Malut, Ilham, hingga kini belum dapat dikonfirmasi. Berulang kali Deteksi News mendatangi yang bersangkutan di kantornya, namun tidak bisa ditemui. (eko)

Selengkapnya Lima Proyek PSPAM Malut Jadi Sorotan

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sponsor By :

Muhammad Ullil Fahri,S.Pd.M.TI

www.mfahri.web.id