Press "Enter" to skip to content

Tren Sulam Lesung Pipi

Telah Dibaca : 3766 Kali

INSPIRASI – Jaman sekarang untuk mendapat kecantikan fisik yang di idamkan para wanita sangatlah mudah dan instan, mereka hanya perlu menyiapkan sejumlah uang yang sesuai dengan kebutuhan dan melakukan konsultasi kepada dokter bidang kecantikan atau dokter ahli beda plastik. Hal ini dapat di katakan sebagai operasi sulam kecantikan yang di lakukan di klinik-klinik kecantikan.

Beberapa contoh operasi sulam yang sangat popular dan banyak di lakukan oleh masyarakat adalah tanam benang untuk membuat kelopak mata, sulam alis agar alis terlihat lebih tebal dan berbentuk, filler hidung agar hidung terlihat lebih mancung, sulam bibir agar warna bibir lebih merona daripada warna aslinya, dan masih banyak lagi.

Tapi tahukah anda, bahwa ada operasi sulam kecantikan yang masih banyak masyarakat yang belum mengetahuinya, yaitu sulam lesung pipi atau dapat dikatakan sebagai pembuatan lesung pipi palsu pada wajah.

Sebelum kita membahas apa itu sulam lesung pipi atau bagaimana prosesnya, mari kita telurusi apa itu lesung pipi. Lesung pipi adalah fitur unik di wajah yang dapat dimiliki oleh sebagian orang.

Di masyarakat luas lesung pipi ini sering dianggap sebagai sesuatu yang dapat memperindah penampilan, hingga beberapa orang rela melakukan berbagai cara hanya untuk memilikinya.

Ada berbagai versi mengenai sejarah lesung pipi yang dalam bahasa Inggris mempunyai istilah ‘dimple‘. Istilah ini ternyata sudah ada sejak tahun 1300-an.

Sebuah sumber menyebutkan bahwa lesung pipi dijadikan sebagai simbol kecantikan sejak tahun 1926. Tetapi di kabarkan bahwa sebelum tahun itu orang sudah berlomba-lomba menciptakan lesung pipi buatan dengan berbagai cara.

Tetapi orang yang mempunyai lesung pipi alami dipercaya terjadi karena adanya faktor genetik dari orang tua/keluarga. Lesung pipi sendiri menurut Hank bisa disebabkan karena adanya variasi pada otot bernama Zygomaticus Major yang menghubungkan antara mulut bagian bawah dengan tulang pipi.

Pada kondisi normal saat seseorang tersenyum otot zygomaticus seharusnya bergerak sebagai satu kesatuan untuk menarik ujung mulut seseorang ke arah atas.

Tapi otot tersebut tidak bergerak sebagai satu kesatuan ke arah tulang pipi, malah terpecah menjadi dua dan menempel di dua titik.

Satu bagian terhubung ke titik normal yaitu bagian sebelah atas mulut, sementara titik lain menghubungkan dirinya lebih ke arah bawah.

Otot yang menempel pada titik bagian bawah ini bisa juga menempel pada kulit sehingga diduga menyebabkan lesung pipi.

Berikut adalah beberapa Fakta Unik mengenai lesung pipi :

1. Orang yang Terpilih

Hanya 20% dari populasi dunia yang memiliki lesung pipi. Jika kamu memiliki lesung pipi berarti kamu adalah salah satu orang yang terpilih.

2.Lesung Pipi Merupakan Efek dari Gen

Banyak bagian di tubuh manusia merupakan warisan yang diturunkan dari orang tua kandungnya, dari mulai ujung rambut hingga ujung kaki merupakan gen-gen yang diwariskan oleh orang tua, tidak terkecuali dengan lesung pipi.

Bagian yang terdapat di bagian pipi tersebut memeang tidak dimiliki oleh semua orang karena memang merupakan bentuk dari penurunan gen orang tua, sehingga ketika orang tua anda memiliki lesung pipi, maka besar kemungkinan anda juga memilikinya.

Secara perhitungan jika hanya salah satu dari orang tua anda memiliki lesung pipi, maka anda memiliki kemungkinan memiliki lesung pipi juga sebesar 25% sampai 50% sedangkan jika kedua orangtua anda memilikinya maka kesempatan anda memilikinya adalah 50% sampai 100%.

Dalam beberapa kasus ada juga yang memiliki lesung pipi namun orang tuanya tidak memiliki lesung pipi, hal tersebut bisa saja diakibatkan oleh gen tersebut tidak langsung diturunkan oleh orang tua anda, namun merupakan gen yang dimiliki oleh nenek moyang anda pada masa lalu dan kemudian muncul lagi setelah melewati perhitungan beberapa generasi.

Namun jika anda tidak memilikinya maka anda bisa menempuh cara medis untuk kemudian mendapatkannya seperti tindik maupun operasi.

3. Lesung Pipi Bisa Menghilang dan Memudar

Faktanya ternyata lesung pipi itu sendiri bisa menghilang dan juga memudar. Dalam beberapa kasus ada yang mengelami jika lensung pipinya terus memudar dan akhirnya menghilang.

Pada beberapa kasus juga lesung pipi bisa muncul dan kemudian menghilang kembali. Bagi anda yang berpipi tirus dan memiliki lesung pipi maka ketika anda bertambah berat badan dan pipi anda menggemuk maka ada kemungkinan lesung pipi yang anda miliki tersebut tidak terlihat dan menghilang, namun ketika anda kembali tirus lesung pipi yang anda miliki kembali lagi muncul.

Selain itu kehilangan lesung pipi pada wajah anda bisa diakibatkan karena usia. Usia yang terus bertambah membuat lesung pipi yang anda miliki uga turut memudar.

Banyak sekali contoh selebriti yang mempunyai lesung pipi alami seperti Ariana Grande, Miranda Kerr dan Harry Styles, dll. Walaupun minat masyarakat terhadap lesung pipi sangat tinggi, tapi taukah kalian bahwa lesung pipi adalah sebuah kecacatan yang terjadi pada urat sekitar pipi.

Meskipin lesung pipi dikatakan sebagai sebuah ‘kecacatan’ banyak masyarakat yang percaya itu tidak memperburuk penampilan melainkan memperindahnya.

Kecacatan di wajah itu terjadi karena tulang yang ‘salah’ tumbunya. Ada dua jenis lesung pipi, yaitu di dagu dan di pipi. Lesung pipi di dagu terjadi karena tulang dagu yang terbelah.

Sementara untuk lesung pipi di pipi, ada berbagai teori. Pertama, cerukan di pipi itu disebabkan oleh otot di sekitar mulut yang tumbuh lebih pendek dari otot normal.

Teori kedua, zygomaticus mayjor, yaitu sebuah otot luas di sisi wajah dan lesung pipi terjadi karena otot ini terbelah. Akibatnya ketika tersenyum kulit tertarik sehingga cerukan itu terlihat.

Banyak yang percaya bahwa lesung pipi adalah genetis. Walaupun belum tentu, tapi bila orang tuamu punya lesung pipi maka peluangmu untuk punya lesung pipi sekitar 25-50%.

Banyak masyarakat indonesia, terutama kaum hawa yang berburu untuk mendapatkan lesung pipi dengan berbagai cara, ada yang menggunakan cara alami yang dapat dibilang sebagai mitos karena belum tentu kebenaranya seperti rutin menusuk pipi dengan cabe atau sering di penjet-penjet dengan jari.

Walau belum tentu membuahkan hasil yang diinginkan. Dan ada juga yang menggunakan cara instan, seperti yang akan di bahas di awal yaitu operasi plastik untuk lesung pipi atau yang lebih di kenal dengan sebutan tarik benang atau sulam lesung pipit.

Sulam lesung pipi adalah operasi menggunakan benang atau tarik benang yang dilakukan oleh dokter bedah plastik untuk membuat lesung pipi.

Untuk menciptakan lesung pipi, dokter bedah akan membuat sayatan sepanjang 2-3 mm di area pipi dalam pasien. Hal ini diikuti dengan penempatan jahitan untuk jangkar lesung pada tempatnya. Jahitan ini akan larut dalam beberapa minggu.

“Anestesi atau bius lokal dilakukan selama 10 menit agar pasien tidak merasakan sakit saat pembedahan dilakukan. Otot yang tersayat kemudian dilekatkan pada bawah permukaan kulit, sehingga hasilnya memunculkan lesung pipi yang terlihat saat tersenyum,” jelas dr. Sepri. Dalam waktu singkat, pasien bisa langsung melanjutkan aktivitas sehari-hari keesokan harinya.

Dalam beberapa minggu pertama setelah dioperasi, lesung pipi akan terlihat meskipun sedang tidak tersenyum. Seiring proses pemulihan jahitan, lesung pipi akan mulai menyatu dengan pipi dan hanya muncul saat tersenyum saja.

Agar bentuk dan letak lesung pipi simetris, biasanya dokter ahli bedah akan menggambar garis imajiner terlebih dahulu, dari sudut mulut ke cuping telinga, dan garis lain vertikal dari sudut mata. Lesung pipi akan ditempatkan kira-kira di mana garis-garis ini berpotongan. Pasien juga dapat mengubah lokasinya sedikit jika menginginkannya.

Berdasarkan pemaparan dari DR.Sepri, operasi lesung pipi ini memiliki efek jangka pendek dan jangka panjang yang berbahaya bagi kita.

Untuk jangka pendek, biasanya sulam lesung pipi berisiko menimbulkan infeksi pada kulit wajah. Sayatan dari dalam ini dilakukan pada area mukosa yang basah, jadi rentan terjadi infeksi.

Sedangkan, kulit membutuhkan pengeringan untuk segera pulih. Meski menggunakan benang khusus mukosa, tetap saja penyembuhan di dalam mukosa membutuhkan waktu lama dan menimbulkan nyeri serta bengkak hingga 2 bulan.

Selain itu, untuk efek jangka panjangnya, orang yang menjalani sulam lesung pipi dapat mengalami deformitas atau kelainan bentuk wajah. Kelainan ini terjadi karena adanya kerusakan nervus atau saraf fasialis, yakni saraf otak yang tersebar di seluruh wajah.

Tetapi masyarakat yang berminat dan ingin melakukan sulam lesung pipi ini tidak perlu kawatir karena efek negatif yang sudah di jelaskan di atas akan terjadi apabila masyarakat melakukan hal-hal berikut :

  1. Melakukan sulam lesung pipi di sembarang tempat/bukan di klinik kecantikan yang sudah terbukti terpecaya atau dengan dokter yang bukan ahli beda plastik, sehingga besar kemungkinan terjadi kesalahan. Walapun kemungkinan harganya jauh lebih murah.
  2. Apabila pasien tidak menjaga kebersihan kulit wajah paska operasi operasi, misal terkena debu, polusi dan lain-lain sehingga kemungkinan besar adanya bakteri yg akan masuk.
  3. Adanya faktor infeksi pada kulit karena memang kulit pasien yang tidak cocok atau sensitif sehingga mengakibatkan reaksi negative.Untuk di Indonesia sendiri sulam lesung pipi sudah mulai banyak beredar di klinik-klinik kecantikan.

Ada beberapa teknik dalam melakukan sulam ini seperti teknik korea, teknik cina, dan teknik baru tergantung dengan ciri khas klinik itu sendiri. Apabila masyarakat berminat lebih naik melakukan konslutasi terlebih dahulu.

Penulis : Ester
Mahasiswi London School Of Public Relation, Jakarta

The post Tren Sulam Lesung Pipi appeared first on Mediasulsel.com.

Selengkapnya Tren Sulam Lesung Pipi

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Buat Sistem Informsi Mu Sekarang