Press "Enter" to skip to content

HIMA PBSI UIR Gelar Pengabdian Masyarakat di Kuok, Ini agendanya

Telah Dibaca : 8432 Kali

PEKANBARU, datariau.com – Pengabdian Masyarakat Sosial Dosen dan Mahasiswa (PSDM) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Riau (UIR) diselenggarakan di Desa Mati Pulau Terap Kuok Kabupaten Kampar Riau.

“Sesuai hasil rapat panitia, pelaksanaan PSDM akan digelar selama tiga hari mulai hari Jumat tanggal 22 sampai tanggal 24 Februari 2019,” demikian diungkapkan Adriyan Ketua Pelaksana PSDM menjawab datariau.com Senin (11/2/2019).

Adriyan menuturkan, pengabdian masyarakat tahun 2019 ini mengusung tema 'Meningkatkan Jiwa Sosial Bermasyarakat dengan PSDM'.

“Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa semester dua, angkatan 2018 sebanyak 128 orang ditambah mahasiswa semester 4, 6 dan semester 8 sebagai panitia, serta alumni sebagai dewan pengarah,” tuturnya.

Menurut Adriyan, tujuan pelaksanaan PSDM untuk meningkatkan jiwa sosial mahasiswa terhadap lingkungan serta mempererat tali silaturahmi mahasiswa dan dosen sekaligus menjalin persaudaraan dengan masyarakat sekitar.

“Ini sesuai dengan tema yang kita angkat tahun ini,” sebutnya.

Keterangan: Pengarahan dari Bupati HIMA PBSI

Fadli Anas Bupati HIMA PBSI FKIP UIR mengatakan, PSDM merupakan agenda rutin tahunan di Prodi PBSI yang dicantumkan dalam surat Keputusan Dekan FKIP UIR sebagaimana terlampir dalam SK HIMA PBSI FKIP UIR Periode 2018-2019.

“Tujuan utamanya untuk meningkatkan kualitas mahasiswa Prodi PBSI melalui kegiatan pengabdian masyarakat sekaligus mempersiapkan generasi pemimpin masa depan dengan HIMA PBSI sebagai wadah organisasi,” sebut mahasiswa asal Indragiri Hilir itu.

Fadli berharap, dengan adanya kegiatan PSDM, ke depan Prodi PBSI semakin dikenal masyarakat dan siswa SMA tertarik untuk melanjutkan pendidikan di Universitas Islam Riau khususnya Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

“Tentunya ini menjadi sarana dalam merekrut anggota sekaligus mempersiapkan generasi penerus bangsa yang berkualitas dan berakhlak baik,” harapnya.
Keterangan: Suasana Rapat Lanjutan PSDM
Bambang Irawan Menteri Pendidikan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Islam Riau, sangat mengapresiasi agenda PSDM yang dilaksanakan HIMA PBSI itu.

“Kegiatan ini sangat kami apresiasi, karena hanya HIMA PBSI yang mampu melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan pembiayaan paling efesien dibandingkan dengan pelaksana pengabdian lainnya,” ungkapnya dihadapan panitia PSDM Kampus Universitas Islam Riau Jalan Kaharuddin Nasution Marpoyan Pekanbaru.

Apresiasi tersebut sangat mendasar karena menurut Demisioner Sekjen BEM FKIP UIR itu, kegiatan PSDM HIMA PBSI merupakan kegiatan pengabdian yang mampu meminimalisir sejumlah pendanaan sekaligus menjadi sarana silaturahmi mahasiswa, dosen dan alumni.

“Ini berdasarkan pengamatan saya di berbagai jurusan yang melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat khususnya di Universitas Islam Riau,” tegasnya.

Foto: Lokasi PSDM di Kuok Kampar Riau

Di tempat terpisah, Muhammad Mukhlis SPd MPd Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UIR berharap, dengan adanya kegiatan PSDM tersebut mahasiswa mampu memaksimalkan keterampilan khususnya dalam bidang bahasa dan sastra.

“Harapannya dengan kegiatan PSDM ini dapat menggali potensi dari tiap-tiap mahasiswa agar mampu untuk menjadi bagian dari masyarakat yang bertanggungjawab,” harapnya.

Melalui kegiatan PSDM ini sambung Mukhlis, bisa dijadikan sebagai sarana untuk mengapresiasi kreativitas Mahasiswa.

“Dengan kegiatan ini diharapkan rasa solidaritas antar mahasiswa bisa meningkat,” sebut dosen lulusan Universitas Negeri Padang itu.

Foto: Lokasi PSDM yang berada di tepi Sungai Kampar

Mukhlis berpesan, kepada seluruh mahasiswa yang tergabung dalam kegiatan pengabdian sosial dosen dan mahasiswa agar dapat mengikuti kegiatan secara seksama.

“Untuk itu,  mari kita saling bekerja sama dengan semangat kekompakan serta komunikasi yang baik sehingga kegiatan ini berjalan dengan lancar sesuai tujuan yang diinginkan,” pungkasnya. (abd)

Selengkapnya HIMA PBSI UIR Gelar Pengabdian Masyarakat di Kuok, Ini agendanya

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Buat Sistem Informsi Mu Sekarang