Press "Enter" to skip to content

Realisasi Air Bersih Tunggu Hasil Uji Coba PT Freeport

Telah Dibaca : 2976 Kali
Kabid Cipta Karya DPU Mimika, Frengki L. Taco (foto- Jefri Manehat)

SAPA (TIMIKA) – Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Mimika, Frengki Lorens Taco mengatakan realisasi air bersih bagi masyarakat di daerah ini masih menunggu hasil uji coba dari PT Freeport Indonesia (PTFI).
Frengki mengatakan, DPU terus melakukan koordinasi dengan pihak PTFI dengan mengirim surat untuk memastikan kapan uji dapat dikerjakan dan kapan hasilnya diterima . Sebenarnya  uji coba dilakukan pada Desember 2018  tapi dipending. Dan sesuai dengan informasi yang ada, uji coba akan dilakukan pada Maret atau April 2019 ini.
 “Jadi kita masih menunggu hasil uji coba kelayakan air bersih oleh PTFI. Kita juga sudah koordinasi dengan PT Freeport,” ungkap Frengki saat ditemui di ruang kerjanya di Kantor Pusat Pemerintahan (Puspem) Kaupaten Mimika, di SP3, Selasa (12/2).
Frengki mengaku Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui DPU sudah siap melakukan uji coba. Pemkab telah memiliki jaringan pipa air untuk menunjang hal tersebut, namun harus melalui tahapan-tahapan yang ada.
“Jika sudah beroperasi pastinya akan dikawal dengan Peraturan Daerah (Perda). Juga terkait  operasionalnya, karena kita tidak tau nanti arahanya kemana,  apakah ke Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) atau mungkin lainnya, karena itu harus ada Perda,” ujarnya.
Frengki menjelaskan, jaringan pipa air yang ada sekarang sudah bisa digunakan, namun belum keseluruhan karena masih banyak tahapan yang harus dilalui. Sesuai perkembangan terakhir, jaringan tersebut sudah mencapai pada daerah kota dan juga telah disambungkan ke rumah-rumah warga namun belum semua terkover.
Terhadap warga- warga yang suda ada jaringan pipa tersebut telah dilakukan pendataan oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD).
“Sampai saat ini belum ada pemasangan baru karena belum ada kegiatan yang berjalan, dan kita masih menunggu uji coba. Dari anggaran juga belum mencukupi dan masih sangat jauh kalau dipresentasekan baru 25%  dan masih jauh dari 100%. Kita masih mmebutuhkan Rp. 400 Miliar untuk bisa  memasang sambungan ke semua rumah warga,”  kata Frengki. (Jefri Manehat)

Selengkapnya Realisasi Air Bersih Tunggu Hasil Uji Coba PT Freeport

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Buat Sistem Informsi Mu Sekarang