Press "Enter" to skip to content

Kontingen Jailolo Juara Umum STQ di Loloda

Telah Dibaca : 2783 Kali

LOLODA, DETEKSINEWS.com – Seleksi Tilawatil Qur’an ke XXV tingkat Kabupaten Halmahera Barat yang dilaksanakan di Kecamatan Loloda, resmi ditutup oleh Bupati Danny Missi, Jumat (08/03) malam. Kegiatan yang diikuti 67 peserta dari 8 kecamatan itu, menempatkan kontingen Kecamatan Jailolo sebagai juara umum.

Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Halbar, M. Syahril Abdul Radjak, dalam sambutannya mengatakan, pada pelaksanaan STQ kali ini, LPTQ Halbar sudah menginstruksikan agar peserta yang ditampilkan merupakan produk binaan lokal, bukan peserta dari luar Halmahera Barat. Hal ini dimaksudkan agar generasi muda Halbar berkesempatan dan mampu bersaing dengan daerah lain.

“LPTQ ingin memberikan peluang bagi anak-anak Halmahera Barat agar lebih giat belajar membaca serta mendalami isi dari kandungan Al-Qur’an. Dan di tahun 2018 lalu, LPTQ telah mengirim dua peserta untuk mengikuti pelatihan belajar kaligrafi di Lembaga Pengembangan Kaligrafi (Lemka) Nasional. Harapan kami, sekembalinya mereka dari Lemka, mereka dapat membimbing anak-anak Halmahera Barat tentang Baca Tulis Al-Qur’an dan dapat bersaing di tingkat nasional,” kata Syahril.

Bupati Halbar memberikan sambutan

Sementara Bupati Halmahera Barat dalam sambutannya, mengapresiasi pelaksanaan STQ di Kecamatan Loloda. Lewat STQ tersebut bupati berharap, umat islam dapat menghayati dan mengamalkan isi dan kandungan Al-Qur’an, serta dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Jika ketua LPTQ Halmahera Barat telah mengirim dua peserta untuk mengikuti pelatihan di Lemka, maka pada tahun ini saya akan menambah menjadi 10 orang putra dan putri, untuk mengikuti pelatihan tilawah Al-Qur’an di Jakarta. Dan bagi pemenang tilawah putra dan putri pada STQ tahun ini, saya memberikan bonus untuk melaksanakan ibadah umrah, tahun ini juga,” ucap bupati.

Meski diguyur hujan lebat, acara penutupan yang dilaksanakan di areal Ppelabuhan Loloda, Desa Soasio itu tetap berjalan hikmad. Selain bupati dan sekda, acara ini juga dihadir sejumlah pejabat, seperti staf ahli bupati, assisten, pimpinan SKPD, sejumlah camat, Danramil dan Kapolsek Loloda, tokoh agama dan masyarakat, serta warga Soasio, Kedi dan Tase Kecamatan Loloda. (lan)

Selengkapnya Kontingen Jailolo Juara Umum STQ di Loloda

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Buat Sistem Informsi Mu Sekarang