Press "Enter" to skip to content

KPUD Muba Mulai Lakukan Pelipatan Surat Suara

Telah Dibaca : 1202 Kali

Muba, KRSumsel.com – Proses pelipatan kertas surat suara untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 17 vvApril mendatang di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Muba dimulai. Dimana sebanyak 1.840.409 lembar surat suara dilipat dengan mengerahkan 103 petugas.

“Hari ini kita mulai proses pelipatan kertas surat suara. Ada 103 petugas yang dikerahkan oleh pihak ketiga,” ujar Ketua KPU Muba, Mustofa Maryadi, di sela-sela pelaksanaan hari pertama pelipatan kertas surat suara, di Gedung KPU Muba, Senin (18/3/2019).

Waktu pengerjaan, sambung Maryadi, ditarget 10 hari dengan pembagian 3 shif yang dimulai sekitar pukul 08.00 WIB – 12.00 WIB, pukul 13.00 WIB – 16.00 WIB, dan 19.00 WIB – 23.00 WIB.

“Jumlah surat suara itu belum ditambah dengan surat suara DPD sebanyak 458.852 lembar surat suara DPD dan tambahan 2% sebanyak 804 lembar yang diperkirakan tiba pada Kamis (21/3/2019) mendatang,” beber dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, para petugas yang melakukan pelipatan surat suara harus memuhi SOP yakni berperilaku sopan dan tidak memakai jaket, dilarang makan atau minum serta merokok saat proses pelipatan surat suara berlangsung, saat meninggalkan tempat harus terlebih dahulu diperiksa oleh petugas.

Lalu, saat pulang perugas harus diperiksa oleh petugas kepolisian, dan peserta diwajibkan membawa identitas atau KTP sesuai dengan id card yang telah diberikan. Adapun surat suara yang rusak yakni tidak ada halaman tanda tangannya, blur, susah dilihat, nomor tidak jelas, ada bercak.

“Petugas harus benar-benar teliti saat melakukan pekerjaannya, nanti yang rusak kita inventarisir jumlahnya. Lalu kita laporkan ke KPU Sumsel agar dapat dilakukan penggantian,” terang dia.

Sementara, Kapolres Muba, AKBP Andes Purwanti, mengatakan, pelipatan kertas surat suara yang dilakukan harus sesuai dengan standar operasional prsedur (SOP) yang telah ditetapkan sebelumnya oleh KPU Muba.

“Bagi petugas yang lakukan pelipatan suara harus sesuai SOP, harus jujur, tidak melakukan hal-hal buruk. Kita dari pihak kepolisian akan tetap stanbye dan lakukan penjagaan serta pengawasan, termasuk dalam proses pelipatan kertas surat suara,” jelas dia.

Komisioner Bawaslu Muba, Husni Mubarok, mengatakan, dalamnproses pelipatan, pihaknya hanya bertugas melakukan pengawasan guna mengetahui apakah ada kertas surat suara yang rusak serta menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

 “Fungsi utama kita pengawasan, jika ada kerusakan atau kecacatan kertas surat suara segera laporkan, ” ujarnya.(AS)

Selengkapnya KPUD Muba Mulai Lakukan Pelipatan Surat Suara

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sponsor By :

Muhammad Ullil Fahri,S.Pd.M.TI

www.mfahri.web.id