Press "Enter" to skip to content

DKP Berdayakan KPA untuk Selamatkan Pesisir Kota Mukomuko

Telah Dibaca : 5713 Kali

RBO, MUKOMUKO – Pemerintah Kabupaten Mukomuko melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) pada tahun ini bakal melakukan penyelamatan wilayah pesisir Kota Mukomuko dengan menanam 2.000 tanaman mangrove.
Dikatakan Kepala DKP Kabupaten Mukomuko, Eddy Apriyanto, SP., M.Si pada pelaksanaannya, pihaknya akan melibatkan Kelompok Pencinta Alam (KPA) di daerah ini.
“Kita sudah menjalin komunikasi ke beberapa komunitas penggiat lingkungan dan KPA terkait rencana ini,” ungkap Eddi ditemui diruang kerjanya, Rabu (20/3).
Katanya, tersedia anggaran sekitar Rp 50 juta di instansinya. Direncanakan anggaran tersebut mampu menanam sebanyak 2.000 tanaman mangrove.
“Kami sedang mencari regulasi yang tepat untuk menyerahkan kegiatan ini kepada komunitas atau KPA. Harapannya jika ini dilakukan oleh KPA, kegiatan tidak hanya sebatas penanaman, tapi bisa berkelanjutan sampai pemeliharaan. Karena jiwa konservasi KPA ini yang akan menggerakan . Jadi program ini bisa berjalan sesuai harapan,” terang Kadis.
Pihak DKP merencanakan, khusus jenis tanaman bakau atau sejenis dilakukan pola tanam kelompok. Dari pengalaman di daerah lain yang sudah dilakukan, pola tanam tersebut lebih efektif.
“Sasaran pengaman tanaman bakau ini di lahan kritis wilayah pesisir. Untuk tanaman bakau kita coba pola tanam kelomopok. Jadi, di titik pengaman akan kita tanam beberapa batang. Setelah kita pelajari pola ini lebih efektif. Seperti yang dilakukan di Kepulauan Seribu,” bebernya.
Ditambahkannya, jika program ini berjalan baik, kemungkinan akan merambat ke wilayah pesisir kecamatan lain.
“Untuk tahap pertama ini kita fokus di Kota Mukomuko terlebih dulu,” demikian Eddy. (sam)

The post DKP Berdayakan KPA untuk Selamatkan Pesisir Kota Mukomuko appeared first on Radar Bengkulu Online.

Selengkapnya DKP Berdayakan KPA untuk Selamatkan Pesisir Kota Mukomuko

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sponsor By :

Muhammad Ullil Fahri,S.Pd.M.TI

www.mfahri.web.id