Press "Enter" to skip to content

Siap Amankan Pemilu 2019, Polres Katingan Gelar Sispamkota

Telah Dibaca : 8572 Kali

Katingan MKNews – Menjelang pelaksanaan Pemilu pada bulan April 2019, jajaran Polres Katingan menggelar simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkota) Pemilu 2019, guna menghadapi situasi kontijensi konflik sosial dalam mengamanan Pemilu Tahun 2019 di wilayah hukum Polres Katingan, bertempat di kantor KPU Kabupaten Katingan Jalan Ahmad Yani, Komplek Perkantoran Pemda Katingan, Kereng Humbang, Kecamatan Katingan Hilir, Kabupaten Katingan, Provinsi Kalteng, Rabu, (20/3/2019) sekira pukul 08.00 WIB.

Kegiatan latihan Sispamkota tersebut dihadiri oleh Wadir Krimum Polda Kalteng beserta rombongan, Bupati Katingan,  Kapolres Katingan beserta Pejabat Utama Polres Katingan dan Jajaran, Kepala Kejaksaan Negeri Kasongan, Ketua KPU Kabupaten Katingan, Pabung  Kodim 1015 Sampit Katingan, Danramil 1015 Kasongan, Damkar Kabupaten Katingan, Petugas Lapas Narkotika Kasongan, Pramuka, KBPP Polri, Satuan Pol PP Kabupaten Katingan, Tokoh Masyarakat Kabupaten Katingan, Insan Pers dengan total yang hadir sebanyak 300 orang.

Sebelum penggelaran Sispamkota, kegiatan diawali dengan Tactical Floor Game (TFG) dilaksanakan sebagai gambaran awal terhadap situasi di Kabupaten Katingan yang harus membutuhkan penanganan khusus, hal ini dijelaskan oleh Kabagops Polres Katingan  Kompol Donal Harianja.

Kapolres Katingan AKBP  E. Dharma B. Ginting, S.H., S.I.K., M.H.,  menyampaikan penggelaran TFG dan latihan Sispamkota juga menjadi bagian upaya pengecekan kesiapan personel dan peralatan dalam mengamankan Pemilu 2019, sekaligus meningkatkan kemampuan anggota, dalam hal pengamanan mulai dari tingkatan yang landai, aman kemudian sampai kepada tingkat eskalasi kerusuhan massa yang memang butuh penanganan khusus.

“Serangkaian kegiatan latihan sispamkota ini dapat menumbuhkan rasa kesiapan personel serta melatih kemampuan personil dalam menghadapi massa, dan jaga keselamatan dalam latihan,” kata Kapolres Katingan.

Dalam simulasi pengamanan kota tersebut, digambarkan adanya aksi demontrasi atau unuk rasa, yang dilakukan oleh sekelompok massa, yang tidak terima dengan keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU), yang mana massa kecewa dengan hasil penghitungan suara dan menuntut pemilihan ulang, kemudian massa mendatangi kantor KPU untuk menggelar aksi demo.

Sementara, dalam aksi demo tersebut sempat terjadi ketegangan antara massa dengan aparat kepolisian yang berjaga di depan Kantor KPU, dengan jumlah massa yang semakin banyakdan aksi semakin beringas membuat petugas terpaksa melakukan tindak tegas dan terarah, dengan menghadirkan tim dalmas Polres Katingan beserta Tim Pengurai Massa, yang kemudian berhasil memukul mundur massa hingga membubarkan diri dari kantor KPU, tetapi karena ketidakpuasan, massa yang membubarkan diri melakukan  kerusuhan di kota Kasongan, dengan merusak fasiltitas umum,  objek vital, kantor pemerintahan dan menjarah pertokoan dengan aksi yang anarkhis, sehingga Kapolres Katingan pun memberlakukan Sispam Kota dengan seijin dari Kapolda Kalteng.

Kapolres Katingan Kapolres Katingan AKBP E. Dharma B. Ginting, S.H., S.I.K., M.H., melalui Kabagops Kompol Donal Harianja mengatakan, dalam simulasi tersebut melibatkan 300 personel, dari semua jajaran.

“Simulasi kita lakukan untuk melihat kemampuan personel dalam menghadapi berbagai bentuk situasi di lapangan. Kita harap simulasi ini tidak terjadi sungguhan dalam pelaksanaan pemilu nantinya,” ucap Kabagops.

Kapolres menambahkan, dalam pengamanan Pemilu pihaknya akan lebih mengedepankan sikap preventif terhadap pengunjuk rasa . (Red)

Selengkapnya Siap Amankan Pemilu 2019, Polres Katingan Gelar Sispamkota

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sponsor By :

Muhammad Ullil Fahri,S.Pd.M.TI

www.mfahri.web.id