Press "Enter" to skip to content

Sahmi : Kondisi Perekonomian Halbar Makin Baik

Telah Dibaca : 8769 Kali

JAILOLO, DETEKSINEWS.com – Sekretaris Dinas Kominfo, Kehumasan Statistik dan Persandian Halbar, Sahmi Salim menyatakan, kondisi perkonomian Halbar belakangan ini terus menunjukkan ke arah yang lebih baik. Hal itu ditandai dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang terus mengalami trend positif di tiga tahun terakhir ini, meski dalam kondisi fluktuatif.

“Tingkat pertumbuhan ekonomi Halbar hingga tahun 2017 masih baik dengan rata-rata tumbuh lima persen pertahun, sementara untuk pertumbuhan ekonomi tahun 2018 sesuai informasi, akan dihitung BPS di pertengahan tahun 2019. Dan hingga saat ini tidak menunjukan adanya gejala penurunan yang signifikan

Sahmi menjelaskan, sesuai data BPS tahun 2015, angka kemiskinan di Halbar sebesar 9,69 persen. Namun di tahun 2017, angka kemiskinan mengalami penurunan menjadi 8,74 persen. Olehnya itu kata dia, Halbar dibawah kepemimpinan Bupati Danny Missy dengan program kesejahteraan masyarakat yang terus digenjot, secara nyata mampu menekan angka kemiskinan.

Di lain sisi Sahmi menilai, munculnya tudingan sejumlah pihak yang menyebut terjadi monopoli proyek oleh pihak tertentu dari luar daerah, dianggap sebagai tuduhan yang tidak mungkin terjadi. Sebab menurutnya, sistem pengadaan barang dan jasa pemerintah sudah secara jelas diatur dalam Keppres, sehingga pelaksanaannya pun sangat terbuka dan dapat diikuti oleh siapapun.

“Ketentuan keppres terkait pengadaan barang dan jasa sangat jelas. Makanya pihak penyedia maupun rekanan baik itu dari dalam maupun luar daerah, sudah pasti akan mengikuti aturan main dalam keppres itu. Jadi kalau dikatakan adanya monopoli dari pihak tertentu itu sangat tidak benar, karena sistem pengadaan barang dan jasa pemerintah saat ini tidak memungkinkan terjadinya praktek (monopoli) itu,” tuntasnya. (lan)

Selengkapnya Sahmi : Kondisi Perekonomian Halbar Makin Baik

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sponsor By :

Muhammad Ullil Fahri,S.Pd.M.TI

www.mfahri.web.id