Press "Enter" to skip to content

Baru Dibangun, Jalan Gunung Manyasal Mulai Retak

Telah Dibaca : 5319 Kali

JAILOLO, DETEKSINEWS.com – Proyek pembangunan jalan di ruas Sidangoli – Jailolo, Halmahera Barat tahun 2018, terkesan asal jadi. Buktinya, baru beberapa bulan proyek milik PT. Tugu Utama Sejati itu selesai dikerjakan, namun kini sudah mengalami keretakan. Hal itu seperti yang terlihat di Gunung Manyasal, tepatnya di Tikungan Waringin, jalan di sisi kiri sudah mengalami keretakan.

Berdasarkan temuan Deteksi News, proyek ini bersumber dari Kementerian PUPR tahun 2018, melalui Satker Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) wilayah I, dengan anggaran sebesar Rp. 17,05 miliar atau tepatnya Rp. 17.054.410.000. Proyek ini dtangani PT. Tugu Utama Sejati sebagai kontraktor pelaksana, dan PT. Yodya Karya sebagai konsultan pengawas.

Papan proyek

Wakil Ketua Lembaga Pemerhati Pembangunan (LPP) Halbar, Yudianto Samiun menduga, pekerjaan tersebut menyalahi standar spesifikasi kontruksi. Sebab, jika perusahaan mengerjakannya sesuai dengan spesifikasi pekerjaan, tidak mungkin mengalami keretakan dalam waktu yang cukup singkat.

“Pihak pengelola proyek dalam hal ini Satker PJN wilayah I, harusnya memberikan teguran keras kepada kontraktor maupun konsultan pengawas, karena dianggap lalai mengerjakan proyek ini,” kata Yudianto.

Kondisi jalan setelah diperbaiki

“Kami sudah mendapat informasi, jalan yang retak itu sudah diperbaiki, namun dengan kualitas yang sangat buruk. Dimana bekas-bekas keretakan hanya ditambal begitu saja,” tuntasnya.

Sayangnya pihak rekanan hingga saat ini belum memberikan keterangan. Deteksi News sudah berupaya mengonfirmasi yang bersangkutan via ponsel, namun tidak mendapat tanggapan. (lan)

Selengkapnya Baru Dibangun, Jalan Gunung Manyasal Mulai Retak

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sponsor By :

Muhammad Ullil Fahri,S.Pd.M.TI

www.mfahri.web.id