Press "Enter" to skip to content

141 pemilih di Jayawijaya pindah pilih keluar

Telah Dibaca : 4075 Kali
Pleno penetapan DPTb tahap III KPU Jayawijaya untuk pemilu 2019-Jubi/Islami

Wamena, Jubi – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jayawijaya telah melakukan pleno penetapan Daftar Pemilih Tetap tambahan (DPTb) tahap III untuk pemilu 2019, namun atas data pemilih tambahan itu tidak terjadi perubahan signifikan terhadap DPT yang ada yaitu sebanyak 272.552.

Pasalnya, dari pleno penetapan di gedung pertemuan Ukumearek Asso Wamena, Kamis (11/4/2019) bersama Bawaslu dan partai politik yang ada, didapat ada 141 orang pindah pilih ke luar Jayawijaya dan 46 orang yang masuk ke Jayawijaya.

“Pleno DPTb tahap III sudah dilakukan dan yang pindah ke luar dari Jayawijaya ada 141 orang, yang pindah masuk ke Jayawijaya ada 46 orang. Hal ini tidak terlalu berdampak terhadap pengurangan daftar pemilih tetap (DPT) Jayawijaya yang sebelumnya berjumlah 272.552 jiwa,” kata Ketua KPU Jayawijaya, Sonimo Lani.

Menurut dia, penetapan itu telah disetujui oleh seluruh partai politik. Namun, baik orang yang masuk dan keluar tersebut tidak dapat memilih anggota DPRD kabupaten tujuan.

“Misalnya kalau pindah ke Kota Jayapura, dia tidak bisa pilih anggota DPRD Kota Jayapura, tetapi bisa pilih DPR RI, Presiden dan DPR Papua yang sesuai dapil daerah tujuan. Rata-rata warga yang pindah masuk ke Jayawijaya berada di Distrik Wamena dan lebih karena menjalankan tugas,” katanya.

Komisioner Bawaslu Jayawijaya divisi hukum, data dan informasi, Yulianus Mabel mengingatkan KPU agar dari pengalaman pemilihan selama ini, dengan banyaknya surat suara sisa dapat dibagi rata.

“Yang menjadi kekhawatiran kami terkait jumlah penduduk yang berkurang dengan suara sisa ini, pengalaman yang lalu-lalu itukan suara sisa mereka bagi rata. Tetapi untuk kali ini suara sisa suara tidak terpakai, itu kondisinya seperti itu sehingga beberapa Parpol dan juga kami memberikan catatan atas penetapan itu,” kata Mabel.

Ia pun berharap pemilihan kali ini berjalan kondusif. Pihaknya akan mengawasi di setiap TPS dan distrik.

“Jayawijaya sebagai kabupaten induk diharapkan dapat memberikan teladan pelajaran demokrasi yang baik kepada kabupaten pemekaran dari Jayawijaya,” ujar Mabel. (*)

Editor: Syam Terrajana

 

The post 141 pemilih di Jayawijaya pindah pilih keluar appeared first on JUBI.

Selengkapnya 141 pemilih di Jayawijaya pindah pilih keluar

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sponsor By :

Muhammad Ullil Fahri,S.Pd.M.TI

www.mfahri.web.id