Press "Enter" to skip to content

Fakhruddin ‘Rob’, Penganut Paham ‘Politik Silaturahmi’ dengan Pendukung Warna Warni

Telah Dibaca : 7286 Kali

Hari terakhir kampanye terbuka pemilu 2019, Sabtu 13 April 2019, dimanfaatkan oleh Calon legislatif (Caleg) DPRD NTB Dapil V (Sumbawa – Sumbawa Barat) dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Fakruddin SHI dengan agenda road show di sejumlah kecamatan dan dalam Kota Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat.

Ia mendapat sambutan antusias dari masyarakat disetiap titik yang dikunjungi. Sampai hari terakhir kampanye terbuka ini, fakhruddin yang akrab disapa Rob telah mengunjungi lebih dari 500 titik di wilayah Sumbawa dan Sumbawa Barat untuk bertemu dan berdialog dengan masyarakat. Ia menggunakan pola blusukan untuk mendengarkan langsung harapan dan keinginan masyarakat terhadap calon yang akan mewakili mereka di parlemen kelak, sekaligus memberikan pencerdasan politik bagi mereka.

Rob memang menggunakan cara berbeda dengan Caleg lain yang bertarung memperebutkan kursi DPRD Provinsi maupun DPRRI. Karena itu Ia tidak memiliki dan tidak pernah membentuk tim sukses baik di KSB, tempat domisilinya sekarang, maupun di Sumbawa.

Fakhruddin SHI,

Menurut dia, politik adalah silaturahmi. Jadi pantang baginya untuk sekedar menitip salam, mengirim baliho atau sticker. Ia menganggap itu cara kuno. Karena itu, datang ke suatu wilayah menemui langsung dan berdialog dengan masyarakat adalah hal yang wajib dilakukan.

“Logikanya, bagaimana mungkin silaturahmi akan terjalin dan berlanjut menjadi sahabat dan keluarga jika wajah saja kita tidak saling kenal. Ketika kita sudah bertemu maka akan terbangun kedekatan emosional. Kedekatan emosional ini akan melahirkan rasa tanggungjawab bagi saya sebagai orang yang diberi amanah dan bagi rakyat yang saya kunjungi. Mereka sekarang menjadi bagian dari keluarga, sahabat sekaligus kerabat saya yang wajib hukumnya saya bela dan perjuangkan. Kalaupun mereka tidak memilih saya, tetapi saya sudah dapat keuntungan dengan bertambahnya jumlah sahabat, kerabat yang saya miliki,” urainya.

Pola yang diterapkan ini, terbukti efektif mendongkrak elektabilitas Rob Fakhruddin. Sebagai petarung baru di Pemilu, Ia mendapat tempat tersendiri dihati masyarakat. Dari hari ke hari undangan silaturahmi dari seluruh wilayah Dapil V terus berdatangan. Termasuk dari wilayah – wilayah terpencil di Sumbawa maupun Sumbawa Barat.

Menariknya, bukan hanya konstituen PPP, bahkan konstituen lintas partai dan multi etnis ikut mendukung agar Kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) itu sukses menjadi pembawa aspirasi rakyat di Udayana. Di kecamatan Maluk Keluarga besar Kerukunan warga Kristen dan etnis Jawa secara terbuka menyatakan dukungan kepada Fakhruddin. Begitu juga di wilayah-wilayah lain.

Hal ini cukup beralasan, mengingat selama 15 Tahun Kabupaten Sumbawa Barat terbentuk sejak 20 Nopember 2019 (tiga periode DPRD) hampir tidak ada perwakilan masyarakat KSB yang duduk di DPRD NTB. Akibatnya, meski menjadi satu-satunya kabupaten di NTB yang menyumbangkan pendapatan paling besar bagi NTB, bahkan Indonesia, KSB selalu tertinggal dalam program pembangunan yang bersumber dari APBD NTB.

Selalu mendapat sambutan antusias dalam setiap pertemuan dengan masyarakat

Kemunculan Fakruddin bersama sejumlah Caleg lainnya dari KSB di Pileg kali ini memberi warna dalam persaingan, sekaligus harapan baru bagi masyarakat Bumi Pariri Lema Bariri. Mereka yang dulunya tidak begitu peduli dengan Pemilihan Anggota DPRD Provinsi, sekarang berlomba-lomba menunjukkan kepedulian dan dukungan.

Besarnya dukungan masyarakat membuat Rob optimis, impian masyarakat KSB untuk memiliki wakil di DPRD NTB akan terwujud di 17 April nanti.

Ketua DPC PPP Sumbawa Barat, Amiruddin Embeng, mengungkap berdasarkan survey terbaru, Fakhruddin merupakan satu-satunya Caleg asal KSB dari total sebanyak 112 Caleg yang bertarung di Dapil V yang berhasil masuk dalam 8 besar peraih kursi DPRD NTB.

“Ini menunjukkan bahwa pola pendekatan silaturahmi yang dibangun Fakhruddin efektif menyentuh kepedulian dan dukungan dari masyarakat. Kita akan mencetak sejarah, untuk pertama kalinya KSB mendudukan wakil di DPRD NTB di Pemilu 2019,” cetus Embeng.

Ia menegaskan, ada begitu banyak kue pembangunan yang dialokasikan melalui APBD NTB. Tetapi selama ini KSB selalu tertinggal dan hanya mendapat porsi yang sangat kecil, karena tidak ada satupun perwakilan rakyat KSB di DPRD NTB.

“Ibarat pohon, di APBD NTB itu ada buah yang sangat banyak. Untuk memetiknya kita butuh galah. Galah itu adalah suara kita semua yang akan kita gunakan di Pemilu nanti. Untuk mendapatkan buah yang banyak, kita harus bersatu. Kita rangkai suara kita menjadi galah yang panjang di 17 april nanti agar banyak buah yang bisa kita petik,” bebernya.

Sabtu malam ini, Rob Fakhruddin menutup rangkaian kampanyenya di lapangan Gotong Royong, Lingkungan Bosok, Kelurahan Menala, Kota Taliwang dengan indah. Ratusan warga hadir menyatakan komitmen untuk mendudukannya di Udayana sebagai penyambung aspirasi masyarakat KSB.(*)

Selengkapnya Fakhruddin ‘Rob’, Penganut Paham ‘Politik Silaturahmi’ dengan Pendukung Warna Warni

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sponsor By :

Muhammad Ullil Fahri,S.Pd.M.TI

www.mfahri.web.id